Paragraf HTML

Paragraf HTML atau <p>


Sebuah paragraf selalu dimulai pada baris baru, dan biasanya berupa blok teks. Elemen HTML <p> mendefinisikan sebuah paragraf. Sebuah paragraf selalu dimulai pada baris baru, dan browser secara otomatis menambahkan beberapa spasi (margin) sebelum dan sesudah paragraf.


Contoh:


    <p>Ini adalah paragraf</p>
<p>Ini adalah paragraf lain </p>



Tampilan HTML


Anda tidak dapat memastikan bagaimana HTML akan ditampilkan. Layar besar atau kecil, dan jendela yang diubah ukurannya akan menghasilkan hasil yang berbeda. Dengan HTML, Anda tidak dapat mengubah tampilan dengan menambahkan spasi atau baris tambahan dalam kode HTML Anda. Browser akan secara otomatis menghapus spasi dan garis tambahan saat halaman ditampilkan.


Contoh:


    <p>
Paragraf ini
mengandung banyak garis
dalam kode sumber,
tapi browsernya
mengabaikannya.
</p>

<p>
Paragraf ini
mengandung       banyak              spasi
dalam              kode             sumber,
tapi        browsernya
mengabaikannya.
</p>
    
    



Aturan Horizontal atau <hr> pada HTML

Tag <hr> mendefinisikan jeda tematik di halaman HTML, dan paling sering ditampilkan sebagai aturan horizontal. Elemen <hr>digunakan untuk memisahkan konten (atau menentukan perubahan) di halaman HTML.

Contoh:

<h1>Ini menuju 1</h1>
<p>Ini adalah beberapa teks.</p>
<hr>
<h2>Ini menuju 2</h2>
<p>Ini adalah teks lain.</p>
<hr>
Hasilnya:

Ini menuju 1

Ini adalah beberapa teks.


Ini menuju 2

Ini adalah teks lain.



Tag <hr>adalah tag kosong, yang berarti tidak memiliki tag akhir. Info



Pemisahan Baris atau <br> pada HTML

Elemen HTML<br> mendefinisikan jeda baris. Gunakan <br>jika Anda ingin menjeda baris (baris baru) tanpa memulai paragraf baru.

Contoh:


    <p>Ini adalah<br>paragraf<br>dengan jeda baris.</p>
    
    

Tag <br> adalah tag kosong, yang berarti tidak memiliki tag akhir.Info



Bagaimana kita menulis puisi dalam HTML?


Puisi dibawah ini akan ditampilkan dalam satu baris:
Contoh:


<p>
    topi saya terletak di atas lautan.

    topi saya terletak di atas laut.

    topi saya terletak di atas lautan.

    Oh, kembalikan topi-ku padaku.
<p>


Hasilnya:

topi saya terletak di atas lautan. topi saya terletak di atas laut. topi saya terletak di atas lautan. Oh, kembalikan topi-ku padaku.



Bagaimana agar menjadi baris seperti puisi?


Gunakan tag <pre>.
Elemen HTML <pre> mendefinisikan teks yang telah diformat sebelumnya. Teks di dalam <pre> elemen ditampilkan dalam font lebar tetap (biasanya Courier), dan mempertahankan spasi dan jeda baris.
Contoh:


<pre>
    topi saya terletak di atas lautan.

    topi saya terletak di atas laut.

    topi saya terletak di atas lautan.

    Oh, kembalikan topi-ku padaku.
<pre>


Hasilnya:



Referensi tag HTML

Tag Deskripsi
<p> Mendefinisikan sebuah paragraf
<hr> Mendefinisikan perubahan tematik dalam konten
<br> Menyisipkan satu baris baru
<pre> Mendefinisikan teks yang telah diformat sebelumnya

Sumber: W3schools

Komentar